Pengertian dan Perbedaan Pembangunan Ekonomi dengan Pertumbuhan Ekonomi

Tentu anda pernah mendengar istilah pembangunan ekonomi, Bukan? Tapi sayangnya, tidak sedikit dari kita sering merancukan pengertiannya dengan pertumbuhan ekonomi. Padahal kedua istilah dalam ilmu Ekonomi itu memiliki pengertiaan yang berbeda.

Memang indikator keberhasilan pembangunan ekonomi adalah tingginya laju pertumbuhan ekonomi. Tetapi tetap saja tidak terdapat perbedaan yang mendasar di antara keduanya.

Untuk itu mari kita simak pengertian dari pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi tersebut.


Pengertian Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi


Pembangunan ekonomi diartikan sebagai suatu proses yang menyebabkan kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dalam jangka panjang dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan ciri-ciri penting suatu masyarakat, yaitu perubahan dalam teknologi, pola pikir masyarakat maupun kelembagaan.

Sedangkan pertumbuhan ekonomi adalah proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu/dalam jangka waktu yang panjang.

Menuju keadaan yang lebih baik, maksudnya?

Yaitu kenaikan output (kapasitas produksi) yang diikuti dengan naiknya pendapatan perkapita.

Di awal tadi kita telah mengatakan indikator keberhasilan pembangunan ekonomi adalah adanya peningkatan laju pertumbuhan ekonomi. Tetapi dia hanya salah satu indikator saja, karenanya tetap kita tidak bisa mengatakan apabila pertumbuhan ekonomi tinggi maka pembangunan ekonomi tinggi pula.

Gambarannya yang jelas untuk ini, bisa kita lihat dari contoh di bawah ini.


Contoh. Pada tahun 2011 pendapatan nasional per kapita sebesar 9.025.532.00 dan pada tahun 2012 sebesar 9.490.533.00. Dari tahun 2011 ke tahun 2012, pendapatan perkapita naik sebesar 5%. Kenaikan sebesar 5% itu menunjukkan terjadinya pertumbuhan ekonomi sebesar 5%. Namun kondisi tersebut bukan menunjukkan terjadinya pembangunan ekonomi. (Buku IPS Siswa K-13)


Jadi contoh yang diatas itu hanya menggambarkan kenaikan pertumbuhan ekonomi yang diukur dari naiknya pendapatan perkapita penduduk.


Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi


Untuk lebih jelasnya mari kita coba lihat perbedaan – perbedaan dari pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi tersebut dari apa yang telah kita uraikan secara singkat di  atas.

Pertama: Pembangunan Ekonomi harus ada didahului oleh adanya pertumbuhan ekonomi.

Kedua: Keberhasilan pembangunan ekonomi bersifat kualitatif, artinya pertambahan produksi dibarengi dengan perubahan-perubahan dalam struktur produksi dan juga perubahan-perubahan dalam berbagai sektor perekonomian seperti dalam lembaga, pengetahuan, sosial dan teknik.

Sedangkan keberhasilan pertumbuhan ekonomi lebih bersifat kuantitatif. Artinya meningkatnya standar pendapatan dan tingkat output produksi yang dihasilkan.

Ketiga: Pembangunan ekonomi merupakan proses yang berkesinambungan menuju kesejahteraan. Termasuk di dalamnya usaha meningkatkan pendapatan perkapita.

Semntara pertumbuhan ekonomi merupakan proses dalam usaha untuk menaikkan pendapatan perkapita penduduk dalam jangka panjang.

Keempat: Pada pembangunan ekonomi kenaikan pendapatan perkapita dengan selalu memperhatikan pertambahan penduduk.

Sebaliknya pada pertumbuhan ekonomi tidak memperhatikan pertambahan penduduk.

Kelima: Pembangunan ekonomi menitik beratkan pada pemerataan pendapatan, Pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya.

Sedangkan pertumbuhan ekonomi tidak menitik beratkan atau memperhatikan pemerataan pendapatan. Misalnya begini tahun 2013 pendapatan penduduk perkapita Negara A $9.000,00. Maka artinya setiap penduduk di Negara A, baik dia kaya ataupun miskin maka pendapatannya dianggap sama rata sebesar $9.000,00.

Keenam: Pembangunan ekonomi terjadi pasti karena adanya pertumbuhan ekonomi.

Sedangkan pertumbuhan ekonomi belum tentu disertai dengan pembangunan ekonomi.

Baca juga: Pengaruh Penghasilan.


Demikianlah pengertian dan perbedaan pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi. Semoga artikel ini dapat membantu anda membedakan keduanya. See you…

Related Posts:

Disqus Comments
© 2018 KuNyoba - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger