Contoh Perubahan Energi dalam Kehidupan Sehari-hari

Perubahan energi - Siapa pun tidak akan bisa mengahancurkan suatu energi, tetapi pastinya banyak dari kita yang bisa mengubah bentuk dari energi yang satu ke bentuk energi yang lain, lebih banyak melakukan usaha, lebih banyak energi berubah. Selama perubahan energi berlangsung pasti ada energi yang terbuang berupa energi panas.

Contoh dari perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari


Contoh 1. Durian yang jatuh

Enegi potensial gravitasional yang tersimpan dalam durian berubah menjadi energi kinetik ketika jatuh. Ketika durian jatuh, kecepatannya meningkat, demikian pula energi kinetiknya, sedangkan energi potensial gravitasionalnya menurun.

Sesaat sebelum menimpa tanah, semua energi potensial gravitasionalnya sudah berubah menjadi energi kinetik. Saat sampai di atas tanah, energi kinetiknya berubah ke dalam energi panas dan bunyi.

Contoh 2. Roller Coaster

Kereta pada roller coaster ditarik ke atas menggunakan derekan listrik. Energi listrik yang dipakai kerekan dipindahkan dan berubah menjadi energi potensial gravitasional yang dimiliki kereta dan penumpangnya. Ketika kereta dilepaskan, kereta mulai jatuh.

Energi potensial gravitasionalnya dirubah menjadi energi kinetik. Terdapat sedikit gesekan antara kereta dengan rel dan antara kereta dengan udara. Gesekan menyebabkan energi mekanis (jumlah energi potensial dan kinetik yang dimiliki kereta) dipertukarkan ke dalam energi panas.

Kita dikatakan melakukan usaha bila energi berubah dari satu bentuk ke bentuk lain. Manusia telah banyak menemukan pesawat dan peralatannya untuk melakukan usaha. Sebagian besar dari usaha tersebut sebenarnya merupakan perubahan energi.

Peasawat kendaraan merubah energi kimia pada bensin menjadi energi energi kinetik setelah pembakaran sehingga kendaraan dapat bergerak.

Telinga kita juga melakukan perubahan energi. Telinga merubah energi bunyi menjadi energi listrik dalam bentuk sinyal yang dibawa ke otak.

Sel-sel surya merubah energi cahaya dari matahari menjadi energi listrik yang dapat digunakan dalam satelit ruang angkasa.

Beberapa proses juga merubah energi menjadi berbagai bentuk. Pada saat kayu atau minyak tanah terbakar terjadi proses pertukaran energi yaitu dari energi minyak dan gas menjadi energi cahaya dan panas. Mengisi baterai merubah energi listrik ke dalam energi kimia yang tersimpan dalam battere.

Untuk lebih jelas lagi, silahkan lihat perubahan bentuk energi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari kita, di bawah ini.

Energi kimia menjadi energi listrik, contohnya:

  1. Pada batu baterai yang sedang digunakan
  2. Aki yang sedang digunakan
Energi listrik menjadi energi kimia, contohnya:
  1. Pada waktu menyetrum aki
  2. Pelapisan logam oleh logam lainnya (penyepuhan)
Energi gerak menjadi energi listrik, contohnya:
  1. pada waktu dynamo sepeda digunakan
  2. Pada waktu generator digunakan
Energi listrik menjadi energi gerak/kinetik, contohnya:
  1. Blander yang digunakan
  2. Kipas angin listrik
  3. Bor listrik 
  4. Hair drayer
Energi Listrik menjadi energi cahaya, contohnya:
  1. Lampu pijar yang digunakan
  2. Lampu neon
  3. Televisi
  4. komputer
Energi listrik menjadi energi bunyi, contohnya:
  1. Radio
  2. Televisi
  3. VCD Player
  4. Tape recorder
Energi listrik menjadi energi kalor/panas, contohnya:
  1. Kompor listri yang digunakan
  2. Solder listrik
  3. Heater
  4. Dispenser
Energi nuklir menjadi energi listrik, contohnya: PLTN
Energi matahari menjadi energi listrik, contohnya: pada sistem solar cell
Energi panas/kalor menjadi energi listrik, contohnya pada:
  1. Energi panas bumi menjadi energi listrik (PLTG)
  2. Energi uap menjadi listrik (PLTU)
Perlu diketahui di antara sumber energi yang digunakan oleh manusia itu ada yang jumlah persediaannya terbatas dan tidak dapat diperbaharui, seperti minyak bumi, batu bara dan bahan fosil lainnya. Itulah sebabnya kita harus membiasakan diri menghemat energi.

Baca juga : Pengertian Energi, Macam-macam Bentuk Energi dan Contohnya.

Bentuk-bentuk pemborosan energi seperti berikut:

  1. menyalakan lampu di siang hari
  2. menghidupkan alat-alat listrik tapi tidak digunakan/dinikmati.
  3. menghidupkan mesin tetapi tidak untuk digunakan, dan sebagainya.
Demikianlah artikel yang berkaitan dengan contoh perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kesempatan berkunjung dan membaca artikel-artikel menarik di blog ini. Salam.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2018 KuNyoba - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger