Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Hayati bagi Kehidupan Manusia


Sumber daya alam hayati merupakan sumber daya yang tersedia di alam yang berasal dari semua makhluk hidup baik nabati maupun hewani.

Sumber daya alam hayati ini akan terus ada selama bumi terhampar, sebabnya karena sumber daya ini dapat diperbaharui dengan cara dikembangbiakan dan dibudidayakan, tentu saja dengan memperhatikan kelestarian ekosistem/habitatnya supaya tidak cepat punah.

Fungsi dan peran sumber daya alam hayati dapat kita lihat dari kegunaan dan pemanfaatannya yang sangat vital dalam mendukung dan menopang bagi kehidupan manusia.

Di antara pemanfaatan sumber daya alam hayati ini adalah manfaatnya dalam persediaan pangan, sandang, papan, rekreasi dan sebagainya, tergantung bagaimana manusia dapat mengolahnya.

Macam-Macam Sumber Daya Alam Hayati


Sumber daya alam hayati dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Sumber daya nabati, dan

2. Sumber daya hewani.

Keterangan:

Fungsi dan Peran Sumber Daya Nabati


Sumber daya nabati merupakan semua hasil alam berupa berbagai jenis tanaman yang dapat diberdayakan untuk menghasilkan sesuatu yang berfungsi untuk menopang kehidupan manusia.

Karena itu fungsi dan peran sumber daya nabati, adalah:

Berfungsi dan berperan untuk menyediakan bahan pangan atau makanan. contoh jenis bahan pangan ini : Padi, jagung, ubi, kelapa, ketela, buah-buahan, sayur-sayuran dan sebagainya.


Sebagai bahan pembuatan kertas. Ada beberapa jenis pohon yang diambil seratnya yang dapat diolah menjadi bahan kertas, seperti kayu pohon akasia.

Tanaman juga juga memiliki fungsi dan peran sebagai penyedia kebutuhan sandang. Jenis tumbuhan seperti pohon randu dan kapas sengaja dibudidayakan dalam bentuk perkebunan untuk diolah menjadi bahan dasar katun.Rayon dibuat dari serat rami, sedangkan serat tanaman sisal dikembangkan untuk pembuatan kain linen.

Sebagai bahan obat-obatan yang digunakan untuk penyembuhan, menambah tenaga dan kesehatan.Bahkan banyak tanaman yang dipergunakan untuk kecantikan wajah.

Tanaman-tanaman obat ini, seperti kencur, kunyit, temu lawak, jahe, kumis kucing dan sebagainya sebaiknya ditanam di pekarangan rumah, sehingga menjadi apotik hidup yang bisa langsung dimanfaatkan setiap saat.

Tanaman berfungsi dan berperan sebagai penyuplai protein nabati, gizi dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan.

Kedelai dan kacang hijau dan jenis kacang-kacangan lainya mengandung banyak protein nabati yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Sumber lemak berasal dari buah kelapa, kacang tanah, dan juga kelapa sawit.

Sedangkan sumber berbagai macam vitamin asalnya dari buah-buahan dan sayur-sayuran, seperti kangkung, sawi, wortel, bayam, kelor dan sebagainya.

Fungsi dan peran lainnya yang sangat penting dari sumber daya nabati ini adalah dibudidayakan sebagai komoditi kayu olahan. Kayu olahan ini kemudian dipergunakan untuk membuat kursi, meja, lemari, dipan, kusen, pintu, dan sebagainya.

Karena itu pohon yang kayunya diambil untuk pembuatan meubel dan sebagainya ini di budidayakan.

Contoh kayu olahan: pohon jati, meranti, kayu raju emas, kayu kalimantan, rotan, bambu, dan masih banyak lagi. Ayo sisanya dipikirkan.

Kira-kira kayu nangka bisa tidak ya jadi bahan mebel?

Bahan untuk pembuatan minyak atsiri untuk aromatik juga merupakan salah satu fungsi peran sumber daya alam nabati ini. Pohon yang digunakan untuk membuat minyak aromatic ini adalah pohon adas, pohon cendana, kayu putih, cengkih, dan bunga kenanga.

Tanaman berfungsi dan berperan sebagai tanaman industri, seperti pabrik pembuatan kopi maka bahan baku yang dibutuhkan adalah biji kopi, pohon teh untuk pabrik teh, industri gula, bahan bakunya tanaman tebu, rokok bahan baku utamanya tembakau.

Tanaman industri yang lainnya adalah seperti tanaman lada, gambir, vanili.

Semua tanaman industri ini dibudidayakan di tanah perkebunan dengan ukuran yang luas sekali sampai ribuan hektar.

Tidak sedikit juga SDA hayati nabati ini yang berfungsi dan berperan untuk memenuhi nilai estetika dan kepuasan manusia. Tanaman-tanaman hias berupa bunga-bunga yang indah dan berbagai pohon yang dirawat dan ditata dengan baik dapat mempercantik dan memperindah suasana tempat tinggal, taman-taman dan kota.

Semua yang telah kita sebutkan tadi hanyalah sebagian dari fungsi dan peran sumber daya nabati, sekarang kita masuk ke penjelasan berikutnya.

Fungsi dan Peran Sumber Daya Hewani


Kekayaan flora dan fauna Indonesia sungguh luar biasa, semua ini adalah anugerah dari Tuhan yang harus kita syukuri.

Sebagaimana beragamnya jenis flora, jenis fauna di Indonesia banyak pula ragamnya. Hewan-hewan ini ada yang hidup secara liar di hutan-hutan, di perairan laut dan darat, dan ada yang memang sengaja dikembangbiakkan sebagai binatang ternak.

Lalu apa sajakah fungsi dan peran sumber daya alam hewani ini?

Untuk menjawab pertanyaan ini, coba pikirkan apa-apa saja yang bisa dihasilkan dan dimanfaatkan dari hewan-hewan ini.

Dari hewan-hewan ini ada yang diambil daging dan telurnya untuk pangan, kulitnya untuk jeket, sepatu, dan tas, bulunya untuk hiasan dan untuk keperluan lainnya.

Selain itu sumber daya hewani ini dibeberapa tempat di Indonesia digunakan sebagai media sosialisasi dan mengembangkan kebudayaan, seperti karapan sapi di madura dan balapan kuda di Sumba, NTT.

Keberadaan hewan juga berfungsi dan berperan untuk menjaga keseimbangan ekosistem dan rantai makanan.

Sekarang mari kita lihat apa saja fungsi dan peran sumber daya yang berasal dari hewan ini.


Peternakan

Beberapa jenis hewan dari unggas dan mamalia memang sengaja diternakan dengan cara memelihara dan mengembangbiakkannya untuk diambil manfaatnya.

Peternakan unggas, seperti ayam, bebek, merpati, dan puyuh diternakkan untuk diambil telur dan dagingnya, juga bulunya untuk kemoceng. Dan untuk beberapa jenis burung yang memiliki bulu yang indah dipakai untuk hiasan topi dan sebagainya.

Peternakan potong dan kerja, hewan sengaja diternakan kemudian disembelih untuk pemenuhan kebutuhan daging, seperti sapi, kambing dan domba. Selain itu peternakan ini pemanfaatannya juga untuk kerja, seperti sapi untuk membantu petani membajak sawah dan menarik pedati, kuda pun bisa mengambil peran ini untuk penarik alat transportasi, seperti dokar dan cidomo.


Ada juga yang mengembangbiakkan hewan ternak, seperti sapi, domba, dan kuda untuk diperah dan diambil susunya, peternakan seperti ini disebut peternakan perah.

Sedangkan jenis aneka satwa lainnya, seperti lebah madu, burung walet, burung unta dan ulat sutera diternakkan untuk penyediaan pangan yang sangat kaya protein dan juga sebagai obat.


Perikanan

Hasil produksi perikanan di Indonesia bersumber dari perikanan laut, sungai, air tawar dan tambak


Ikan merupakan pangan yang kaya dengan protein dan memiliki gizi yang tinggi dan juga makanan yang sangat enak, sehingga banyak orang yang menyukai makan ikan ini.

Kata orang kalau banyak makan ikan maka tubuh akan menjadi kuat dan otak menjadi encer, kayak orang-orang Jepang yang doyan ikan itu, bahkan ikan mentah di lahap juga. Gimana rasanya...?

Sumber daya perikanan juga digunakan sebagai sarana untuk melakukan kegiatan acara memancing untuk hiburan. Para penggemarnya mengatakan memancing sangat menghibur dan menyenangkan, apalagi dapat menghilangkan stress dan kepenatan.

Beberapa jenis hasil sumber daya perikanan, seperti mutiara dan kerang dimanfaatkan untuk perhiasan. Dan tentu saja masih banyak lagi manfaat lainnya dari perikanan ini.

So, begitu banyak fungsi dan peran sumber daya alam hayati ini untuk keberlangsungan dan kesejahteraan hidup kita. Karena itu manfaatkanlah dengan bijak, jaga dan rawatlah mereka agar tidak rusak punah. Kalau itu sudah kita lakukan dengan baik maka mereka akan senang bersahabat dengan kita dan semakin memperbesar manfaatnya untuk kita manusia.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2018 KuNyoba - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger