5 Penyebab Utama Obesitas Yang Harus Anda Jauhi

5 Penyebab Utama Obesitas Yang Harus Anda Jauhi


Obesitas Untuk sebagian orang merupakan masalah yang cukup membikin pusing, membuat buruk penampilan dan ujung-ujungnya bikin pribadi merasa tidak percaya diri.

5 Penyebab Utama Obesitas Yang Perlu Anda Ketahui 

Jika anda termasuk salah satu dari orang-orang ini, maka penting sekali bagi anda untuk mengetahui penyebab-penyebab dari obesitas atau kegemukan itu sendiri, dengan mengetahui sebab-sebabnya anda akan bersikap waspada dan tahu caranya bagaimana menghindarinya.

Di bawah ini, kita akan sebutkan dan jelaskan sedikit 5 penyebab utama obesitas ini, yaitu antara lain:

1. Tidak atau jarang berolah raga

Gerakan aktivitas fisik seperti olah raga sangat penting untuk menghancurkan atau membakar timbunan-timbunan lemak yang ada di tubuh. Aktivitas fisik selain olah raga dapat anda lakukan dengan melakukan pekerjaan-pekerjaan fisik yang rutin yang menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat, katakanlah seperti membersihkan rumah, mencuci dan sebagainya.

Tapi tentu saja hasil yang maksimal yang bisa didapat adalah dengan melakukan olah raga secara teratur dan rutin dan jadikanlah pekerjaan rutin di atas sebagai pendukung. Karena itu buatlah jadwal acara olah raga anda. Olah raga ringan seperti joging bisa dijadwalkan setiap pagi sedangkan olah raga yang cukup berat seperti fitness bisa dijadwalkan 2 kali seminggu atau paling tidak sekali seminggu.

2. Porsi makan pada malam hari terlalu banyak

Mulai sekarang sebaiknya porsi untuk makan malam anda harus dikurangi. Kenapa demikian? Karena pada waktu malam perut memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencerna makanan, ini ada hubungannya dengan aktivitas di malam hari tidak sebanyak di siang hari. Perut yang penuh tadi tidak dapat dicerna dan distribusikan sepenuhnya oleh perut, akibatnya makanan yang tidak dapat dicerna tadi menjadi lemak yang mengendap di sekitar perut.

3. Pengaruh Stress

Eh, apa hubungan stress dengan obesitas? Ceritanya begini, di saat orang sedang dilanda oleh stress, tubuh mengeluarkan kortisol atau hormon stress yang memindahkan lemak ke daerah perut sehingga perut dapat menjadi membuncit. Jadi sedapat mungkin hindarilah penyebab stress ini dengan cara perilaku dan pola makan yang baik dan sehat.

4. Asupan protein yang rendah

Tubuh yang kurang asupan proteinnya bisa bikin tubuh melar lho. Protein fungsinya menjaga keseimbangan kadar gula darah, hingga produksi insulin juga dapat dikurangi ini akan berdampak pada metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik. Jika metabolisme bagus itu artinya pembakaran lemak dapat berjalan dengan maksimal yang dapat membuat tubuh menjadi langsing.

5. Waktu makan tidak teratur

Waktu makan yang tidak teratur dapat menyebabkan tertimbunnya lemak selama waktu makan yang pertama dengan makan berikutnya. Ini adalah bentuk respon bagi tubuh yang tidak tahu kapan waktu makan akan datang.

Selain lima penyebab utama di atas, kelebihan berat badan juga dapat pula disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik bagi tubuh, contohnya seperti tidur terlarut malam, hingga menyebabkan jumlah makanan yang dimakan selama bergadang juga bertambah.

Bisa juga karena perubahan hormon tubuh yang biasa dialami oleh wanita pada masa menopausenya. Dan obesitas bisa juga terjadi karena faktor keturunan.

Artikel terkait Cara Mengecilkan Perut.

Demikianlah hal-hal yang harus anda ketahui dan diperhatikan dalam usaha mencegah obesitas yang tentunya sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri itu. OK.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2018 KuNyoba - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger