8 Subyek Pengendalian Manajemen

8 Subyek Pengendalian Manajemen

Sebelum kita masuk ke delapan subyek pengendalian manajemen. Ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari pengendalian manajemen. 

Pengendalian manajemen merupakan tindakan-tindakan yang dilakukan manajemen untuk mengarahkan orang, mesin, dan fungsi-fungsi guna mencapai tujuan dan sasaran organisasi. 

Ada delapan istilah untuk mengantarkan subyek pengendalian manajemen, sebagai berikut: 

1. Organisasi : Sebuah kelompok manusia yang berinteraksi melakukan berbagai kegiatan secara terkoordinasi sebagai suatu kesatuan tersendiri untuk mencapai cita-cita, misi, atau tujuan. 

2. Strategi : Rencana tindakan umum jangka panjang yang mengarahkan perumusan kebijakan dan program-program tindakan organisasi. 

3. Kebijakan : Aturan atau seperangkat aturan umum yang menuntun tindakan-tindakan organisasi. 

4. Pemrograman : Pengembangan dan pemilihan program-program yang akan dilaksanakan. 

5. Pengendalian strategi : Semua metode dan analisis yang digunakan untuk memantau, mengevaluasi, dan memodifikasi strategi dalam menyesuaikan kegiatan-kegiatan organisasi dengan kebutuhan untuk bertahan hidup yang ditimbulkan oleh kekuatan-kekuatan luar yang terus menerus berubah. 

6. Pengendalian organisasi : Mengarahkan sekumpulan variabel (mesin, orang, peralatan) menuju sasaran yang telah ditetapkan. 

7. Pengendalian manajemen : Semua metode, prosedur, dan sarana, termasuk sistem pengendalian manajemen, yang digunakan manajemen untuk memastikan dipatuhinya kebijakan-kebijakan dan strategi-strategi organisasi. 

8. Sistem pengendalian manajemen : Suatu proses dan struktur yang tertata secara sistematik yang digunakan manajemen dalam pengendalian manajemen. (Sistem Pengendalian Manajemen, Agus Maulana, Bibarupa Aksara, 1992)

Related Posts:

Disqus Comments
© 2018 KuNyoba - Template Created by goomsite - Proudly powered by Blogger